Sabtu, 14 Mei 2011

6 Kualifikasi Alkitab Untuk Menjadi Istri Yang Baik

Beberapa Hal yang menjadikan wanita menjadi istri yang baik:

illustrated
1.TELANJANG PADA PASANGANNYA

Kejadian 2:25
"Mereka keduanya 'TELANJANG', manusia dan
isterinya itu, tetapi mereka tidak merasa malu."

ARTINYA : TIDAK ADA YANG TERSEMBUNYI
Istri yang baik sangat memahami kelemahan pasangannya karena tidak ada yang masing-masing bisa tutupi. Namun mereka yang bijak adalah yang tidak malu akan handicape pasangannya. Mereka justru menjadi inspirasi untuk sebuah perubahan yang lebih baik. Setiap pasangan pasti saling mengenal seorang dengan
yang lain, diumpamakan kita itu sedang 'telanjang' artinya kita pasti mengenal baik vs buruk; + vs - pasangan kita. Setiap lekuk pasangan kita saat ia telanjang kita bisa tahu, mengenaldan menyadarinya.Yang menjadi pertanyaannya adalah apakah kita akan
mencela ketelanjangan itu? AKAN DIJELASKAN PADA POINT BERIKUTNYA. Yang lebih
ditekankan dalam point ini adalah jangan ada yang ditutupi antar pasangan.
HP, dompet, rekening, credit card, FB dan semua harus terbuka dan kedua belah
pihak harus tahu PIN maupun PASSWORD benda-benda tersebut. Sayang sekali
SUMPAH NIKAH yang mengatakan: "...TIDAK DAPAT DICERAIKAN APAPUN,
SELAIN MAUT YG MEMISAHKAN" Namun pada kenyataannya banyak pasangan
yang dipisahkan oleh HP (masing2), DOMPET (masing-masing), REKENING
(masing-masing), Credit Card (masing-masing), DLL. Semua harus "TELANJANG"
artinya harus terbuka, tidak ada yang ditutupi ataupun yang disimpan.

illustrated
2. DIA AKAN MENJADI
KEHORMATAN SUAMINYA

Amsal 12:4
"Isteri yang cakap adalah mahkota suaminya, tetapi yang membuat
malu adalahseperti penyakit yang membusukkan tulang suaminya".

ARTINYA: MENJAGA KEHORMATAN PASANGANNYA
Istri yang baik akan menjaga kehormatan pasangannya. Ia seorang yang cakap,
ia tidak menjadikan 'handicape' suaminya menjadi bahan perbincangan di
lingkungannya, dalam grupnya, kumpulan maupun rekan arisannya. Ia akan bangga
jika membicarakan suaminya. Itulah sebabnya Amsal 12:4 ini mengatakan
bahwa ia akan menjadi mahkota bagi suaminya. Ia akan berupaya dengan
maksimal dan tidak akan membuat malu suaminya.
3. IA DATANG DARI TUHAN

Amsal 18:22
"Siapa mendapat isteri, mendapat sesuatu yang baik,
dan ia dikenan TUHAN."

Artinya: IA SANGAT BERHARGA KARENA IA PEMBERIAN TUHAN
Istri yang baik; dia adalah anugerah terindah yg harus di jaga... dia "mahal" . Ia adalah anugerah TUHAN yang diberikan untuk menjadi penolong kita sepanjang hidup kita para pria. Di dalam ayat-ayat referensi yg selaras di bawah dikatakan bahwa ia lebih bernilai dari permata, perak, berlian dan harta kekayaan dunia. Sangat salah sekali, sangat bodoh sekali dan sangat memprihatinkan sekali jika ada suami yang sampai memukul istrinya. Tidak ada seorangpun yang mau membuang berliannya, permatanya, emasnya bukankah ALKITAB berkata memiliki istri itu karena dikenan Allah, dan ia lebih dari semuanya?

Ayat-ayat yang selaras:
  • Amsal 19:14 Rumah dan harta adalah warisan nenek moyang, tetapi isteri yang berakal budi adalah karunia TUHAN. Dont sleep with your enemy .... for along time ? Tidurlah dengan pasangan perjanjian ilahi.
  • Amsal 31:10 Isteri yang cakap siapakah akan mendapatkannya? Ia lebih berharga dari pada permata. Istri itu anugerah TUHAN dan mahal nilainya lebih: "more precious than diamong... more costly than gold."
Keterangan untuk point 3:
Kesaksian dalam pelayanan; betapa banyak suami yang sakit dan menderita, berbaring di RS, di kursi roda, stroke, dan berbagai penyakit lainnya. Sebagai hamba TUHAN sebelum mendoakan saya selalu mengejar dalam dialog maupun
konseling sbb: "Apakah anda (bpk), berlaku kasar, jahat, dosa dsb kepada istri anda?" Pembaca yang dikenan TUHAN; "hampir semua pengalaman saya pribadi menjawab, mereka menyia-nyiakan pasangan perjanjian yang dikaruniakan TUHAN." Mari menghargai dan merawat pasangan perjanjian kita seperti YESUS merawat dan memelihara GerejaNYA.


4. PINTAR MENJAGA UCAPANNYA
Amsal 27:15
"Seorang isteri yang suka bertengkar serupa dengan tiris yang tidak
henti-hentinya menitik pada waktu hujan."

Artinya: IA CAKAP MENGGEMBALAKAN MULUTNYA
Dia bijak karena dia tahu tidak selalu baik berbicara dengan mulut. ngopi - ngeteh dulu baru beri order, pasti disayang suami. Dengan kalimat yg terlalu banyak akan membuat kristal RT yg retak akan semakin mudah pecah. Ngopi dan nge- teh (cairkan suasana/cooling down) gunung es pasti cair. Istri yang bijak akan menggembalakan lidahnya. Bayak kasus KDRT itu terjadi karena mulut istri yang tajam dan menyengat seperti lebah menyengat musuhnya. Jika Amsal 27:15 mengatakan bahwa istri cerewet terus menerus itu dianalogikan dengan tirisan air; anda tahu bukan bahwa besi, tembok, semen, beton ditirisi terus menerus dengan air pasti bocor. Demikianlah suami jika ditirisi terus menerus dengan cerewetan maka bobol juga. Ibu-ibu mari kendalikan
dan gembalakan mulut ibu ya.


5. IA SEORANG YANG TAKUT TUHAN
Amsal 31:30
"Kemolekan adalah bohong dan kecantikan adalah sia-sia,
tetapi isteri yang takut akan TUHAN di puji-puji."

Artinya: IA BIJAK MEMOLES HIDUPNYA
Berdandan boleh tapi tidak norak. Inner beauty adalah kekuatannya. Hampir kebanyakan pertengkaran kecil-kecil terjadi karena istri memperlambat waktu. Contoh waktu mau ke acara, undangan, pesta, pelayanan dll. Hehehehe... waktu jadi terlambat karena istri dandan lama. Nah tidak semua suami bisa memahami namun Istri yang bijak bisa mengantisipasinya dengan cakap.


6. TAAT BERIBADAH
1 Petrus 3:1-6
"Demikian juga kamu, hai isteri-isteri, tunduklah kepada suamimu, supaya jika ada di antara mereka yang tidak taat kepada Firman, mereka juga tanpa perkataan dimenangkan oleh kelakuan isterinya, jika mereka melihat, bagaimana murni dan salehnya hidup isteri mereka itu. Perhiasanmu janganlah secara lahiriah, yaitu dengan mengepang-ngepang rambut, memakai perhiasan emas atau dengan mengenakan pakaianyang indah-indah, tetapi perhiasanmu ialah manusia batiniah yang tersembunyi dengan perhiasan yang tidak binasa yang berasal dari roh yang lemah lembut dan tenteram, yang
sangat berharga di mata Allah.Sebab demikianlah caranya perempuan-perempuan kudus dahulu berdandan, yaitu perempuan-perempuan yang menaruh pengharapannya kepada Allah; mereka tunduk kepada suaminya, sama seperti Sara taat kepada Abraham dan menamaidia tuannya. Dan kamu adalah anak-anaknya, jika kamu berbuat baik dan tidak takut akan ancaman."

Artinya: IA SEORANG YANG SALEH
Dia bijak karena dia dekat dengan TUHAN. Kesalehan hidupnya menyelamatkan suaminya,
doa dan puasanya menjaga keluarganya. Isteri yang baik : Dengan lemah lembut ia berbicara: kata-katanya bijaksana. Ia selalu rajin bekerja dan memperhatikan urusan RTnya, ia dihargai anak-anaknya dan dipuji oleh suaminya. "Ada banyak wanita yg baik, tetapi engkaulah yang terbaik dari semua", kata suaminya. Paras yg cantik tidak dapat dipercaya, dan kecantikan akan hilang; tetapi wanita yg taat kepada TUHAN layak mendapat pujian. (Immanuel)
Efesus 5:22-33
"Hai isteri, tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan, karena suami adalah kepala isteri sama seperti Kristus adalah kepala jemaat.
Dialah yang menyelamatkan tubuh. Karena itu sebagaimana jemaat tunduk kepada
Kristus, demikian jugalah isteri kepada suami dalam segala sesuatu. Hai suami, kasihilah
isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya untuk menguduskannya, sesudah Ia menyucikannya dengan memandikannya dengan air dan firman, supaya dengan demikian Ia menempatkan jemaat di hadapan diri-Nyadengan cemerlang tanpa cacat atau kerut atau yang serupa itu, tetapi supaya jemaat kudusdan tidak bercela. Demikian juga suami harus mengasihi isterinya sama seperti tubuhnya sendiri: Siapa yang mengasihi isterinya mengasihi dirinya sendiri. Sebab tidak pernah orang membenci tubuhnya sendiri, tetapi mengasuhnya dan merawatinya, sama seperti Kristus terhadap jemaat, karena kita adalah anggota tubuh-Nya.Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itumenjadi satu daging. Rahasia ini besar, tetapi yang aku maksudkan ialah hubungan Kristusdan jemaat. Bagaimanapun juga, bagi kamu masing-masing berlaku: kasihilah isterimuseperti dirimu sendiri dan isteri hendaklah menghormati suaminya.

Istri tunduk, suami mengasihinya seperti Kristus mengasihi gerejaNya. Istri tunduk;
suami menjaga dirinya kudus seperti Kristus menguduskan diriNya utk gerejaNya.

Standard yg diberikan Alkitab untuk suami adalah SUAMI MEMILIKI tanggungjawab seperti
TUHAN YESUS KRISTUS. Tuhan itu adil memberikan tugas untuk istri dan suami balance.
Puji Tuhan. Selamat Hari Minggu dan beribadah.


Salam dalam kebahagiaan,
In His Vineyard

Ditulis oleh Tommy Hansen Silalahi, M.Th.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar