Minggu, 10 Juli 2011

DOA YABES BAGI ORANG KRISTEN

Dalam kitab 1 Tawarikh 4 : 9 -10 menulis : Yabes lebih dimuliakan dari pada saudara-saudaranya; nama Yabes itu diberi ibunya kepadanya sebab katanya : “Aku telah melahirkan dia dengan kesakitan.” Yabes berseru kepada Allah Israel, katanya : “Kiranya Engkau memberkati aku berlimpah-limpah dan memperluas daerahku, dan kiranya tangan-Mu menyertai aku, dan melindungi aku dari pada malapetaka, sehingga kesakitan tidak menimpa aku !” Dan Allah mengabulkan permintaannya itu.

Ayat ini menjelaskan siapa Yabes dan apa yang ia perbuat termasuk apa yang dia doakan dan doa tersebut dikabulkan oleh Allah. Yabes adalah sosok pribadi yang memiliki iman yang kuat dan mengetahui kehendak Allah atas hidupnya dengan pasti.

Sejak penciptaan manusia Allah mempunyai rencana untuk memberkati ciptaannya ini dengan berkat yang berlimpah-limpah (Kejadian 1 : 28). Saat Yabes menaikkan doa supaya ia diberkati berlimpah-limpah dan daerahnya semakin diperluas serta meminta penyertaan dan perlindungan Allah atas hidupnya. Ini sesuai dengan janji Firman Tuhan atas manusia supaya mereka bertambah banyak, menaklukan bumi dan berkuasa atas segala binatang yang ada di bumi

Ada tiga pokok utama dari doa yang Yabes naikkan kepada Allah dan ketiga hal utama ini juga memiliki arti yang penting bagi setiap orang Kristen pada saat ini :

1. Kiranya Engkau memberkati aku dan memperluas daerahku

Pokok pertama ini berarti Yabes menghendaki suatu kemajuan yang ingin ia capai. Bukan hanya kemajuan dalam hal jasmani saja tetapi juga dalam hal rohani. Ia sadar dengan segala berkat yang Allah beri padanya maka ia sanggup turut memperluas Kerajaan Allah bahkan sampai ke daerah-daerah yang lainnya.

Yabes mengingatkan setiap orang Kristen bahkan gereja Tuhan untuk melihat, mendengar dan ambil bagian dalam memperluas Kerajaan Surga karena saat ini banyak orang Kristen tidak malu jika tidak maju padahal Amanat Agung haruslah kita lakukan bagi pelebaran Kerajaan Allah di bumi (Matius 28 : 19 – 20).

2. Kiranya tangan-Mu menyertai aku

Yabes meminta penyertaan Tuhan dalam segala yang ia kerjakan. Ia sadar bahwa tanpa Tuhan ia tidak dapat melakukan apa-apa. Yesus mengatakan : “Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kami tidak dapat berbuat apa-apa.” (Yohanes 15 : 5). Kita seharusnya juga selalu meminta penyertaan Tuhan bagi segala yang akan kita kerjakan seperti Elisa meminta bagian dari Roh Allah yang ada di dalam Elia, Yakub terus memegang Malaikat Tuhan untuk memberkatinya. Adalah menjadi bagian orang percaya untuk selalu mengingatkan Tuhan akan janjiNya supaya janji tersebut dapat terjadi dalam kehidupan kita.

3. Kiranya tangan-Mu melindungi aku dari malapetaka

Yabes meminta Allah menjadi pelindung dan perisai bagi keselamatannya. Yabes menyadari segala kelemahan dan kekurangannya bahwa ia tidak akan pernah luput dari malapetaka atau pun kesakitan. Hanya Tuhanlah yang dapat menjagainya dan meluputkannya dari malapetaka dan kesakitan yang dating dalam kehidupannya. Kita sebagi orang-orang Kristen yang telah Yesus tebus dengan darahNya dan Yesus telah memberikan kesembuhan atas segala kelemahan dan sakit penyakit kita dengan rela menderita di kayu salib supaya kita dapat dibebaskan dari hal tersebut.

Yabes mengajarkan kepada setiap orang percaya supaya kita jangan hanya cukup menjadi jemaat atau bahkan menjadi turis rohani saja, yang datang untuk makan kenyang lalu tidur. Seperti Yabes meminta kepada Allah suatu kemajuan dalam hidupnya sehingga mampu memperluas Kerajaan Surga dalam apa yang ia kerjakan. Itu juga yang seharusnya dimiliki setiap orang percaya untuk bangkit membawa Firman Tuhan dan menjadi saksi-saksi Kristus untuk memberitakan Injil Kristus sampai ke ujung-ujung bumi.

Bangkitlah , menjadi teranglah, sebab terangmu datang,dan kemuliaan Tuhan terbit atasmu (Yesaya 60 : 1)

sumber: http://www.gbigajahmada.org/artikel/renungan/209-doa-yabes-bagi-orang-kristen.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar